Cara Install Mikrotik Gns3 Memakai Qemu

Pada Artikel sebelum-sebelumnya telah aku bahas perihal Mikrotik di GNS3, mulai dari klarifikasi perihal mikrotik-packet-tracer" target="_blank">instalasi Mikrotik GNS3 memakai VirtualBox, hingga cara Remote Mikrotik GNS3 di Winbox dan mengkoneksikannya ke Internet.

Pada artikel kali ini, aku akan bahas lagi perihal Tutorial Mikrotik GNS3 memakai Qemu. Pada artikel : mikrotik-packet-tracer" target="_blank">Belajar Mikrotik tanpa RouterBoard memakai GNS3 Simulator (Mikrotik Packet Tracer) sudah dijelaskan bahwa kita sanggup memakai VirtualBox atau Qemu untuk menjalankan Mikrotik di GNS3.


Dari tabel di atas, sanggup disimpulkan bahwa penggunaan Qemu sebagai VM di GNS3 jauh lebih efektif dan efisien dalam alokasi dan penggunaan memori

Sebagai catatan bahwa penggunaan Qemu hanya akan menambah alokasi penggunaan RAM di PC/Laptop saja, tanpa membebani CPU usage.

Setiap penggunaan Virtual Router memakai Qemu rata-rata hanya membutuhkan RAM 80 MB saja. Sehingga jikalau PC/Laptop kita punya RAM 4 GB, maka sanggup dipakai untuk menciptakan sekitar 31 Virtual Router hanya dengan sekali Install Mikrotik. Lebih irit dan efisien kan?

Contoh nya sanggup dilihat pada gambar di atas, aku memakai 16 Mikrotik untuk menciptakan simulasi penggunaan hotspot di kantor hanya dengan memakai Tablet Windows 8.

Tutorial Cara Install Mikrotik GNS3 Menggunakan Qemu sudah aku buatkan video lengkap nya disini :

Cara Install Mikrotik di GNS3 Menggunakan Qemu :

 

Cara Mengkoneksikan Mikrotik di GNS3 + Qemu ke Internet



Referensi : 
www.slideshare.net/ropix/mikrotik-network-simulator-mum-presentation-material-2013

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel