Belajar Mikrotik Tanpa Routerboard Memakai Gns3 Simulator

Pernahkah anda mencar ilmu jaringan memakai Cisco Packet Tracer? Jika pernah, mungkin anda merasa dimudahkan dengan fitur-fitur nya dimana kita sanggup menciptakan sendiri topologi jaringan yang kita inginkan dengan hanya "drag and drop". Namun sayangnya aplikasi tersebut hanya sanggup memakai Cisco, tidak sanggup dipakai dengan Mikrotik. Nah, pertanyaannya adakah Mikrotik Packet Tracer? Jawabannya, belum ada :D.

Kabar baiknya, Mikrotik packet tracer sanggup kita wujudkan dan implementasikan dengan memakai aplikasi GNS3. GNS3 (Graphic Network Simulator) yakni software simulasi jaringan komputer berbasis GUI yang menyerupai dengan Cisco Packet Tracer. 


Pada GNS3 memungkinkan simulasi jaringan yang komplek, sebab memakai operating system orisinil dari perangkat jaringan menyerupai cisco, juniper, Mikrotik, dll. Sehingga kita berada pada kondisi lebih positif dalam mengkonfigurasi router eksklusif daripada di Cisco Packet Tracer. Yang lebih hebatnya lagi, simulasi jaringan yang kita buat sanggup dikoneksikan ke jaringan nyata, jadi menyerupai mencar ilmu di lab virtual.



Namun, untuk sanggup memakai GNS3 dengan Cisco maupun Mikrotik, kita harus menyediakan sendiri file image IOS maupun RouterOS nya yang akan di running pada Qemu atau VirtualBox. Oleh sebab itu kita juga harus menyediakan lisensi dari file image tersebut.

Oke, pada artikel kali ini aku akan membahas wacana Belajar Mikrotik tanpa RouterBoard Menggunakan GNS3. Pada dasarnya untuk sanggup memasukkan Mikrotik ke GNS3 kita harus menginstall dulu RouterOS di salah satu software Virtual Machine, yaitu Qemu atau VirtualBox. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Berikut perbandingan software Virtual machine untuk GNS3 :


Dari gambar di atas sanggup dilihat bahwa Qemu lebih unggul dari semua software VM yang ada. Namun, untuk instalasi dan penggunaan nya lebih rumit dari lainnya. Sedangkan Virtualbox untuk instalasi dan penggunaannya lebih mudah, namun lebih banyak memakan memori dan 1 image OS hanya sanggup dipakai untuk 1 router saja, jadi jikalau ingin memakai 5 router ya install 5 image OS di VirtualBox.

Nah, untuk selanjutnya akan kita bahas penggunaan Mikrotik di GNS3 memakai Qemu dan VirtualBox :

mikrotik-gns3-virtualbox" target="_blank">1. Cara Install dan Setting Mikrotik di GNS3 memakai VirtualBox

  • mikrotik-gns3-virtualbox" target="_blank">Cara Mengkoneksikan Mikrotik GNS3 VirtualBox ke Winbox dan Internet 

mikrotik-gns3-virtualbox" target="_blank">2. Cara Install dan Setting Mikrotik di GNS3 memakai Qemu

mikrotik-gns3-virtualbox" title="Belajar Mikrotik tanpa RouterBoard Menggunakan GNS3 Simulator">3. Mikrotik Simulator Gratis menggunakkan GNS3 dan Cloud Hosted Router (CHR)


Referensi :
http://ilmukomputer.org/2013/01/29/gns3/
www.slideshare.net/ropix/mikrotik-network-simulator-mum-presentation-material-2013

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel