Cara Seting Auto Shutdown Mikrotik Memakai Winbox

Ada kalanya disaat-saat tertentu kita ingin mematikan Mikrotik secara otomoatis tanpa perlu repot-repot mengakses Mikrotik nya dulu lalu gres di shutdown. Hal tersebut sanggup kita lakukan dengan memanfaatkan fitur mikrotikindo.blogspot.com/search/label/Scripting" target="_blank">script dan schedule pada Mikrotik untuk menciptakan metode Auto Shutdown Mikrotik. Dengan santunan kedua fitur ini kita sanggup mematikan Mikrotik pada jam dan waktu yang kita inginkan.

Kaprikornus Skenario nya menyerupai ini :
Saya punya mikrotik-rb951ui" target="_blank">Mikrotik RB951U-2HnD untuk hotspot via modem smartfren di kos. Mikrotik ini cuma digunakan dari jam 6 sore (pulang kerja) sampai 6.40 pagi (berangkat kerja). Karena pas kerja, mikrotik saya bawa ke kantor buat hotspotan. Di kantor Mikrotik beroperasi dari jam 7.30 pagi sampai jam 5 sore. Kaprikornus disini saya ingin menciptakan Mikrotik shutdown otomatis pada pukul 06.40 dan 17.00. Untuk tau lebih lanjut, silakan simak caranya.

Caranya yaitu sebagai berikut :
1. Login ke Mikrotik via Winbox
2. Buka sajian System --> Scripts --> Tembahkan Script Baru
> Beri nama Script nya, misal autoshutdown
> Masukkan script berikut pada kolom Source:
system shutdown

3. Untuk menjalankan Script Auto Shutdown secara otomatis tiap harinya, buka sajian System --> Scheduler --> Tambahkan schdule baru
> Beri nama schedule nya.
> Start Date : isi tanggal kapan script ini akan mulai dieksekusi
> Start Time : Jam berapa script akan dieksekusi
> Interval : berapa selang waktu (interval) script ini akan dihukum lagi (1d = 1 hari = 24 jam)
> On Event : nama script yang sudah dibentuk dan akan di eksekusi


4. Script autoshutdown sanggup dihukum lebih dari sekali. Caranya tinggal tambahkan lagi saja Schedule nya dengan seting waktu yang berbeda.

Oke, silakan anda coba dan praktekkan Tutorial Cara Seting Auto Shutdown Mikrotik Menggunakan Winbox ini. Semoga bermanfaat :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel