Alasan Kenapa Tidak Dapat Konek Winbox Via Mac Address Mikrotik

Kenapa Mikrotik aku tidak terdeteksi dikala di Search di Winbox? 
Kenapa Mikrotik aku tidak dapat konek Winbox via MAC Address? 
Mungkin dua pertanyaan ini pernah keluar dari pikiran anda dikala mau winbox-mikrotik" target="_blank">mengakses Mikrotik via Winbox tapi tidak bisa. Nah, kali ini aku akan mencoba menjelaskan dan menjawab pertanyaan tersebut. Anda dapat winbox-mikrotik" target="_blank">download Winbox Mikrotik disini.

Pada dasarnya mikrotikindo.blogspot.com/search/label/Winbox" target="_blank">Winbox yakni sebuah utility yang dipakai untuk melaksanakan remote ke server mikrotik dalam mode GUI (Graphical User Interface). Kaprikornus dengan ini anda tidak perlu repot-repot mengetikkan perintah-perintah Mikrotik, hanya tinggal klik saja. Biasanya kita tinggal search aja di sajian [...] di samping Connect to maka Mikrotik kita akan terdeteksi. Selanjutnya kita dapat menentukan untuk konek Mikrotik ke Winbox via IP address atau MAC Address, menyerupai gambar berikut ini :


Nah, lalu muncul pertanyaan pertama : 
"Kenapa Mikrotik aku tidak terdeteksi dikala di Search di Winbox?" 

Ada beberapa kemungkinan :
1. Mikrotik belum terkoneksi dengan benar ke PC/Laptop 
Jika memakai Kabel, cek kabel UTP nya apakah memang dapat digunakan.
Jika memakai Wireless, pastikan Laptop sudah terkoneksi dengan SSID Mikrotik nya dengan baik.
Jika memakai Wireless Hotspot, Pastikan anda sudah LOGIN ke hotspot Mikrotik dulu via web browser.

2. Mikrotik anda Hang/Crash, sehingga tidak terdeteksi. Solusinya coba restart Mikrotik nya dengan mencabut dan memasang kembali kabel power nya.

3. PC/Laptop yang dipakai terinstall Virtual Adapter dari aplikasi lain, menyerupai VirtualBox atau VMWare, dsb. Ternyata hal inilah yang selama ini aku alami sehabis kedua kemungkinan di atas sudah teratasi. Mungkin hal ini juga yang terjadi pada Laptop/PC anda. Coba anda cek di "Network and Sharing Center" apakah ada virtual adapter lain yang terinstall di PC anda. 

Jika Virtual Adapter lain itu aktif, maka dikala kita coba search Mikrotik di Winbox, Mikrotik nya tidak muncul.


Untuk mengatasi hal ini, kita dapat menonaktifkan dulu virtual adapter tersebut dengan masuk ke sajian "Change Adapter Settings". 
 

Disable dulu semua virtual adapter yang terinstall di PC/Laptop kita. Klik kanan di Virtual Adapter --> Klik Disable. Seperti gambar berikut :
 

Jika sudah nonaktif semua, coba search lagi Mikrotik nya di Winbox. Maka Mikrotik nya pun akan muncul menyerupai gambar berikut ini :

Coba konek Mikrotik via MAC Address nya.

Sekarang coba aktifkan kembali salah satu Virtual Adapter nya. Maka Winbox akan memunculkan pesan error "Router has been disconnected". Seperti gambar berikut ini :


Hal ini terjadi lantaran kita konek ke Winbox nya via MAC Address. Sehingga dikala Virtual Adapter nya diaktifkan koneksi ke Winbox akan putus dan tidak dapat menyambung lagi via MAC Address. Hanya dapat konek via IP Address nya.

Oke, jadi hal ini sudah menjawab pertanyaan kedua : 
"Kenapa Mikrotik aku tidak dapat konek Winbox via MAC Address?"

Itulah beberapa Alasan Kenapa Tidak Bisa Konek Winbox via Mac Address Mikrotik yang selama ini aku alami dan ternyata ada alasannya dan solusinya. Semoga apa yang aku tuliskan di atas dapat membantu anda. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel