Virtual Access Point Mikrotik

Virtual Access Point (VAP) pada Mikrotik yakni interface virtual yang sanggup dipakai untuk menciptakan beberapa Access Point dari satu interface Wireless fisik. Makara hanya dengan satu interface Wireless fisik saja kita sanggup menciptakan banyak Access Point dengan SSID, IP address, dan MAC Address yang berbeda tiap AP nya. 

Virtual Access Point pada Mikrotik juga sanggup memakai DHCP Server pada masing VAP nya. Selain itu kita juga sanggup mengatur firewall pada interface VAP ini. Fitur tersebut sama menyerupai pada Virtual LAN (VLAN) pada jaringan kabel. 

Contoh penggunaan Virtual Access Point Mikrotik contohnya dikala anda hendak menciptakan dua buah hotspot pada kantor anda, dimana satu hotspot dipakai sebagai hotspot khusus karyawan, sedangkan satunya khusus untuk tamu kantor. Anda sanggup menciptakan hal tersebut hanya dengan sebuah Mikrotik yang mempunyai satu interface wireless fisik. Tentu saja dengan memanfaatkan fitur VAP ini.

Cara menciptakan VAP di Mikrotik ini sangat mudah. Buka Winbox, masuk ke sajian Wireless --> Aktifkan interface wireless nya --> Set Wlan dengan mode AP Bridge --> Atur parameter lainnya sesuai harapan anda.


Selanjutnya, masih di jendela Wireless Tables, klik tombol + dan pilih VirtualAP.

Pada Tab General anda sanggup merubah nama VAP dan MAC Address nya. Sedangkan pada tab Wireless, anda sanggup merubah nama SSID (Service Set Identifier) nya. 

Master Interface yakni interface wireless fisik yang dimiliki oleh Mikrotik tersebut. jikalau Mikrotik hanya punya satu interface Wlan, maka Master interface nya hanya satu.

VAP ini juga sanggup diberikan Security Profile yang berbeda dari master interface nya. Silakan anda buat Security profile nya dan pasangkan pada VAP yang diinginkan. 

Secara umum VAP ini mempunyai fitur yang sama menyerupai master interfce Wlan nya. Namun, pada VAP tidak sanggup mengatur frekuensi yang digunakan, alasannya yakni frekuensi dan pengaturan Band, channel width, mode nya mengikuti Master Interfacenya.

Salah satu hal iseng yang sanggup dilakukan dengan VAP ini yakni dikala kita ingin menciptakan ucapan atau kata-kata tertentu dengan memanfaatkan SSID pada VAP. Seperti yang saya coba lakukan untuk menciptakan ucapan ijab kabul buat tetangga sebelah yang sedang nikahan :D. Jadinya menyerupai ini :

Jangan ditiru yah, ini cuma iseng aja. Kasian nanti tetangga pada gundah liat banyak SSID berkeliaran disekitarnya :D.

Oke cukup sekian dulu mikrotikindo.blogspot.com/" target="_blank">tutorial Mikrotik Indonesia ihwal Virtual Access Point Mikrotik. Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel