Tips Mengikuti Tes Sertifikasi Mtcna Mikrotik

Sertifikasi mikrotikindo.blogspot.com/search/label/MTCNA" target="_blank">MTCNA (Mikrotik Training Certified Network Associated) merupakan sertifikasi Mikrotik yang paling dasar. Ada beberapa sertifikasi yang disediakan oleh Mikrotik, yaitu :

    MTCNA - MikroTik Certified Network Associate (Basic Essentials)
    MTCRE - MikroTik Certified Routing Engineer (Routing)
    MTCWE - MikroTik Certified Wireless Engineer (Wireless)
    MTCTCE - MikroTik Certified Traffic Control Engineer (Traffic Control)
    MTCUME - MikroTik Certified User Management Engineer (User Manager)
    MTCINE - MikroTik Certified Inter-networking Engineer (Inter Networking)

Untuk sanggup mempunyai akta MTCWE, MTCRE, MTCTCE, MTCUME dan MTCINE, sebelumnya harus sudah lolos sertifikasi MTCNA terlebih dahulu. Oleh alasannya itu sertifikasi MTCNA menjadi sangat penting bagi anda penggiat Mikrotik. Jadi, kali ini kita akan membahas tips untuk sertifikasi MTCNA Mikrotik.

Sertifikasi diselenggarakan oleh forum pembinaan yang sudah menjalin kerjasama dengan Mikrotik. Di Indonesia ada banyak forum pembinaan Mikrotik yang menyelenggarakan Training sekaligus Sertifikasi nya. Untuk sanggup mengikuti sertifikasi Mikrotik harus membayar biaya ke forum pembinaan tersebut, untuk nominal harga nya bervariasi tergantung forum pembinaan tersebut. Jika ikut sertifikasi maka dilakukan pembinaan bahan Mikrotik dulu oleh forum pembinaan (biasanya lebih dari sehari) lalu gres dilakukan ujian sertifikasi. 

Berikut ini beberapa peraturan pada tes sertifikasi Mikrotik :

  • Soal ujian sertifikasi memakai bahasa Inggris. 
  • Tidak boleh copy paste dan screenshot soal.
  • Waktu mengikuti Ujian Online Jika Score Dibawah atau sama dengan 49 maka dinyatakan TIDAK LULUS
  • Jika Score Antara 50%-59% akan menerima kesempatan yg ke 2 dengan Mengikuti Ujian Online sekali lagi (biasanya soalnya lebih rumit)
  • Jika Score 60% keatas dinyatakan LULUS
  • Dan bagi yg ingin menjadi TRAINER Score Lulus Minimal 75 %
  • Masa Berlaku Sertifikat 3 Tahun
  • Tipe ujian nya open book, jadi boleh buka buku apa saja, namun dihentikan tanya dan mencontek siapapun. 
Oke kini kita bahas perihal tips nya. Karena MTCNA merupakan tes Mikrotik basic, maka soal yang akan keluar itu merupakan dasar-dasar (basic) Mikrotik, ibarat Router OS secara umum, Firewall, QoS, Network Management, Wireless, Bridging, Routing, dan Tunnel. 

Berikut ini beberapa Tips Mengikuti Tes Sertifikasi MTCNA Mikrotik :

Tips #1
Soal yang dipakai berbahasa Inggris, jadi kalo kalian ga sanggup berbahasa Inggris sanggup memanfaatkan tool Google Translate untuk menterjemahkan soalnya, tapi ingat jangan copy paste soalnya! Tulis ulang saja soalnya untuk menghindari hal-hal yang tidak anda inginkan ok? ;)

Tips #2
Kerjakanlah soal yang gampang dulu. Jika ada soal yang susah lewati saja cari yang gampang dulu.

Tips #3
Jawaban dari soal tersebut biasanya sudah ada di wiki.mikrotik.com. Silakan anda cari saja, atau sanggup juga cari di google.

Tips #4
Jangan tergesa-gesa dalam mengerjakan soal. Jika anda sudah final sebelum waktunya, telitilah kembali balasan anda. 

Tips #5 
Berdoalah sebelum ujian, dan yakinkan diri anda bahwa anda niscaya sanggup mengerjakan dengan baik semua soalnya dan lulus dengan nilai memuaskan.

Tips #6
Anda sanggup mencoba mengerjakan latihan soal dari akun Mikrotik anda. Atau juga sanggup mencoba mengerjakan rujukan soal MTCNA Mikrotik yang sanggup anda mikrotik" target="_blank">download disini. 

Oke, mungkin sekian dulu tips dari saya. Karena sudah usang juga tes ujian sertifikasi Mikrotik ini saya ikuti jadi udah agak lupa-lupa ingat gitu. Dulu juga pas ikut tes ga bayar alias Gratis, alasannya diselenggarakan oleh kampus saya di Diploma Teknik Elektro, UGM. Kaprikornus mohon maklum jikalau informasinya ada yang kurang.

Oya, kalo udah final maka akan muncul hasil ujian nya ibarat gambar berikut :


Seperti klarifikasi di atas, kalau nilai nya 60% keatas maka tes nya lulus. Saya cuma sanggup mampu 68% saja alasannya tes nya dilakukan beberapa bulan sehabis mata kuliah Mikrotik di Kampus saya. Kaprikornus cuma berguru sehari tok pribadi tes, akhirnya cuma sanggup segini :D Nilai segitu pun ialah nilai tertinggi loh diantara semua yang ikut tes waktu itu :D.

Oke, kalo udah lulus sertifikasi Mikrotik kita akan sanggup Sertifikat nya. Nah akta ini pribadi jadi sehabis anda lulus, tapi bentuknya berupa Softcopy. Anda sanggup mendownload file Sertifikat nya pada akun Mikrotik anda. Pada bab Training, pilih my certificates.


Silakan anda download file nya berupa PDF atau images.

Oya, kalau anda ikut tes di forum pembinaan Mikrotik maka anda akan menerima Sertifikat juga dari forum tersebut. Karena saya ikut yang gratisan dari kampus jadi ga dapet Sertifikat yang itu :D

Ini ialah akta Mikrotik MTCNA saya :
Mungkin cukup sekian dulu sharing dari saya perihal Tips Mengikuti Tes Sertifikasi MTCNA Mikrotik. Bagi anda yang akan menghadapi ujian Sertifikasi Mikrotik agar dengan membaca info ini anda sanggup lebih siap dan lebih baik dalam mengerjakan soalnya.

mikrotik" target="_blank">Download Contoh Soal Sertifikasi MTCNA Mikrotik disini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel