Perkenalan Bgp Secara Singkat, Padat


Apa itu Routing BGP? BGP atau kependekan dari Border Gateway Protocol ini dapat dibilang yakni inti dari protocol-protocol routing yang ada pada internet. Dari sekian banyaknya protokol routing hanya protocol BGP sajalah yang termasuk kedalam Eksterior Gateway Protocol. Routing protocol ini sudah dalam versi-4 yang dimana versi tersebut yakni versi yang dipakai di masa kini.

Routing Protocol BGP ini mempunyai keunikan dalam memilih jalurnya. Karna lantaran inilah iya disebut path vector. Ia memilih jalurnya dengan memakai attribute tidak menyerupai routing protocol lainnya yang memilih jalurnya dengan metricnya sendiri. Maksud dari path vector yakni ia akan memilih jalur dengan saling bertukar data dengan warta jalur yang telah di peer, kecuali pada network yang ditangani oleh router bgp tersebut.

Tidak menyerupai routing IGP yang akan memilih jalur dengan memperkenalkan setiap network yang ada pada router itu sediri. Protocol Routing BGP memakai protocol TCP untuk mengirimkan BGP Packet yang berisi data-data untuk keperluan protocol ini dalam mengerjakan tugasnya termasuk warta jalur. Oh iya port 179 yakni port yang dipakai oleh BGP, maka dari itu jangan hingga anda blokir susukan port 179 ini pada router yang menjalankan routing BGP :) lantaran pastinya BGP gak bakalan dapat jalan :>

Apabila kalian sudah paham klarifikasi diatas, maka kalian akan tahu kapan BGP digunakan? Jawabanya ya.. ketika kalian ingin merouting suatu network yang berada pada Autonomous System yang berbeda dan biasanya ditemui dijaringan ISP (Internet Services Provider).

Mungkin hanya hingga sini saja untuk Perkenalan BGP Secara Singkat, Padat. Jika ada yang keliru aku mohon maaf dan saran agan selalu ditunggu oleh penulis dalam meningkatkan kwalitas artikel ini dan juga apabila ada pertanyaan jangan dipendam agan dipersilahkan mengisinya di kolom komentar. Semoga Bermanfaat Terima Kasih

Ditulis oleh :

Arief Sofyan, Sekolah Menengah kejuruan Madinatulquran

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel