Cara Memantau Dan Memonitor Jaringan Mikrotik Memakai The Dude

Memantau dan memonitor jaringan mikrotik dan perangkat lainnya yang saling terhubung sanggup dilakukan dengan gampang memakai aplikasi yang berjulukan The Dude. mikrotikindo.blogspot.com/search/label/The%20Dude" target="_blank">The Dude adalah aplikasi buatan Mikrotik yang berfungsi untuk memonitor jaringan komputer dengan simple dan mudah. 

The Dude sanggup melaksanakan scanning otomatis pada semua perangkat yang terhubung pada subnet jaringan tertentu. Hasil scanning nya berupa gambar peta konfigurasi jaringan yang muncul secara otomatis. Peta konfigurasi jaringan ini akan menggambarkan kondisi jaringan apakah sedang up/down. 

Selain itu the dude juga sanggup menampilkan transfer rate antar perangkat di jaringan, jadi kita sanggup memantau traffic yang berjalan di jaringan kita secara realtime dengan mudah. Yang lebih istimewa lagi, the dude sanggup dipakai pada perangkat selain Mikrotik. 

The Dude sanggup mengidentifikasi secara otomatis jenis dari perangkat yang ada di jaringan dengan menscan service yang dipakai oleh perangkat tertentu. Misalnya, the dude menscan perangkaat dengan open port 80, dia akan mengidentifikasikan perangkat itu sebagai Web Server.

Versi The Dude

The Dude ada beberapa versi, mulai dari yang usang hingga terbaru. Versi usang yakni versi 3.6 dan versi 4.0beta3. Sementara versi yang gres mengikuti versi dari RouterOS nya. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar berikut :



Pada The Dude versi usang (3.6 & 4.0beta3) hanya terdapat 1 file installer berextensi .exe yang sanggup di-install di semua PC/server dan sanggup dipakai sebagai Server sekaligus Client.

Sementara pada The Dude versi baru, ada 2 jenis file installer, yakni file installer The Dude Server extensi .npk yang sanggup di install pada Mikrotik CCR, CHR, x86 dan RB3011.

Sebenarnya lebih simpel dan gampang jikalau kita memakai versi The Dude lama, namun kini Mikrotik sudah tidak merilis versi usang tersebut, dan mengganti nya dengan versi baru, sehingga kita harus punya perangkat Mikrotik nya dulu gres sanggup mengaktifkan The Dude versi baru, kecuali jikalau memakai Mikrotik CHR.

Disini kita akan bahas cara instalasi The Dude versi lama. Untuk instalasi The Dude versi gres sanggup lihat caranya di file presentasi yang saya bawakan pada mikrotik-usermeeting-indonesia2016" target="_blank">Mikrotik User Meeting Indonesia 2016 disini.

Cara Install The Dude versi 3.6 & 4.0beta3

Oke, sudah cukup penjelasannya. Sekarang kita coba Cara Memantau dan Memonitor Jaringan Mikrotik Menggunakan The Dude. Langkah-langkah nya yaitu sebagai berikut

1. Download The Dude disini :
mikrotik.com/dude-install-3.6.exe" rel="nofollow" target="_blank">Download The Dude versi 3.6
atau
Download The Dude versi 4.0beta3

2. Install aplikasi The Dude.

3. Buka aplikasinya, akan muncul tampilan The Dude ibarat gambar berikut :


Berikut yaitu teladan peta jaringan dan data di the dude :

mikrotik.com/wiki/File:Map.png"> Memantau dan memonitor jaringan <b><a href=mikrotik dan perangkat lainnya yang saling terhubung dapa Cara Memantau dan Memonitor Jaringan Mikrotik Menggunakan The Dude" src="http://wiki.mikrotik.com/images/4/43/Map.png" height="588" width="640" />

4. Untuk mulai menggunakannya ada dua cara :
- Memasukkan data perangkat secara manual
- Menscan semua perangkat di jaringan tertentu, data & peta jaringan perangkat akan muncul secara otomatis (opsi ini yang akan kita gunakan)

5. Klik hidangan Discover --> Masukkan alamat subnet jaringan yang ingin di scan. contohnya 10.10.10.0/24 --> klik Discover.

6. Semua perangkat yang dalam kondisi menyala pada subnet tersebut akan ditemukaan oleh The Dude dan secara otomatis akan terbentuk peta jaringan dari semua perangkat yang ditemukan tersebut, ibarat gambar berikut ini. (Maaf sedikit sensor :D)


7. Dari gambar tersebut sanggup diketahui kondisi masing-masing perangkat, sanggup juga diketahui transfer rate antar perangkat (router).

8. Untuk melihat data secara detil perangkat hasil scanning, klik dua kali di icon perangkat. Kita sanggup merubah data perangkat, ibarat merubah nama, IP address, username & password, dll.



9. Status peralatan apakah jaringan nya up, down, atau ada service yang timed out sanggup dilihat ibarat gambar berikut :

Keterangan Warna :
- Warna hijau = Jaringan dan peralatan ok (up)
- Warna merah = Ada gangguan jaringan atau peralatan (down)
- Warna orange = Ada service yang timed out, atau dalam interval tertentu terjadi sesekali timed out.

10. Selain itu pada tiap peralatan juga terdapat tools yang sanggup kita gunakan untuk menganalisa status nya, ibarat gambar berikut ini :

 
11. Selain sanggup menscan perangkat secara otomatis, kita juga sanggup menambahkan perangkat ke peta jaringan secara manual. Klik tombol + Device.


12. Masukkan IP Address perangkat, Masukkan Username & Password (jika ada) --> Next


13. Klik Discovery. The Dude akan menscan service yang berjalan pada device tersebut secara otomatis --> Finish


14. Kita juga sanggup menghubungkan perangkat gres ini dengan menambahkan link. Klik tombol + Link.


15. Drag icon antar perangkat yang mau dihubungkan. Pilih Mastering type : Simple. Hasilnya akan ibarat ini :


16. Untuk sanggup menampilkan traffic (Tx Rx) antar kedua perangkat, pada link Anda sanggup menentukan Mastering Type : snmp atau routeros. Namun tidak semua perangkat mendukung fitur ini. Jika kedua perangkat yaitu router Mikrotik, maka username dan password pada data perangkat harus diisi dan pilih mode routeros pada data dan link nya.

Oke, untuk sementara cukup hingga disini dulu tutorial Cara Memantau dan Memonitor Jaringan Mikrotik Menggunakan The Dude. Silakan anda coba-coba dan kembangkan sendiri sesuai kebutuhan jaringan nya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel