Tenik Burst Bandwidth Pada Mikrotik

Pernahkah anda mengalami saat sedang memakai internet untuk browsing speed nya kenceng banget, tapi saat dipake buat download kenceng nya Cuma di awal aja selama beberapa detik, sehabis itu jadi lemot banget kecepatan download nya. Ada yang pernah mengalami hal tersebut? 

Ya, itulah yang disebut dengan teknik mikrotikindo.blogspot.com/search/label/Bandwidth%20Management" target="_blank">Burst Bandwidth. Fitur burst ini tidak hanya terdapat pada Mikrotik saja, tapi penggunaannya lebih gampang jikalau memakai Mikrotik. Burst yakni fitur yang menungkinkan client mendapat alokasi bandwidth lebih dari alokasi bandwidth maksimum yang disediakan dalam selang waktu tertentu. 

Hal ini sangat menguntungkan bagi client yang hanya memakai internet untuk acara browsing, sebab kecepatan dalam browsing akan bertambah, walaupun hanya beberapa detik saja. Namun hal ini akan menciptakan proses pembukaan halaman web lebih cepat. 

Lain halnya dengan client yang memakai untuk download, ibarat yang sudah aku ceritakan di awal. Client yang melaksanakan acara download hanya akan mendapat perhiasan alokasi bandwidth melebihi bandwidth maksimum di awal proses download saja. Jika proses burst telah simpulan maka kecepatanya akan kembali ibarat semula, sesuai dengan alokasi bandwidth yang disediakan. 

Untuk lebih jelasnya anda sanggup lihat di gambar berikut ini :

Dari gambar tersebut aku kasih tumpuan ya, contohnya aku punya koneksi internet dari ISP dengan bandwidth 8Mb, lalu semua client aku kasih alokasi bandwidth 240Kb. Kaprikornus normal nya kalo tanpa burst client akan sanggup bandwidth stabil 240Kb. Kemudian aku terapkan teknik Burst ini dengan menunjukkan semua alokasi bandwidth yang ada yakni 8Mb kepada semua client namun hanya dalam waktu 3 detik saja. Setelah 3 detik bandwidth kembali ibarat semula 240Kb.

Untuk sanggup memakai teknik burst ini terdapat beberapa perhitungan yang harus kita perhatikan supaya burst nya sesuai yang kita harapkan. Namun untuk perhitungan dan cara penggunaan nya pada Mikrotik akan kita bahas pada kesempatan lain. So, stay tune on blog mikrotikindo.blogspot.com/" target="_blank">Tutorial Mikrotik Indonesia :D

Semoga gosip perihal Tenik Burst Bandwidth pada Mikrotik ini bermanfaat :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel