Penjelasan Web Proxy Mikrotik

Penjelasan Web Proxy Mikrotik - Proxy yaitu suatu aplikasi yang menjadi mediator antara client dengan server, sehingga client tidak akan bekerjasama pribadi dengan server-server yang ada di Internet. Mikrotik mempunyai fitur Web proxy yang sanggup dipakai sebagai proxy server yang nantinya akan menjadi mediator antara browser user dengan web server di Internet.



Cara Kerja Web Proxy

Ketika user membuka suatu situs, maka browser akan mengirimkan HTTP request ke Server, namun alasannya computer user ini memakai web proxy maka proxy akan mendapatkan HTTP request dari browser tersebut lalu menciptakan HTTP request gres atas nama dirinya. HTTP request gres buatan Proxy inilah yang diterima oleh Server lalu Server membalas dengan HTTP Response dan diterima oleh Proxy yang lalu diteruskan ke browser user yang sebelumnya melaksanakan request.

Perbedaan Web Proxy dengan NAT

Mungkin klarifikasi cara kerja web proxy di atas hamper menyerupai dengan mikrotikindo.blogspot.com/search/label/Firewall%20Mikrotik" target="_blank">NAT (Network Address Translation) Masquerade, namun bekerjsama berbeda. Karena jikalau memakai NAT, maka Mikrotik hanya akan meneruskan HTTP Request yang dibentuk oleh computer user. HTTP request tersebut diteruskan ke Server oleh Mikrotik tanpa menciptakan HTTP request gres menyerupai halnya pada Web Proxy.

NAT hanya menangani paket data saja, sedangkan Proxy bekerja dengan menyelidiki konten dari HTTP Request dan Response secara detail, sehingga Proxy sering juga disebut sebagai Application Firewall.

Web Proxy Membutuhkan Resource CPU Besar

Jika mengaktifkan mikrotikindo.blogspot.com/search/label/Proxy" target="_blank">fitur Web proxy pada Mikrotik anda harus memperhatikan kapasitas memori dan CPU. Karena Mikrotik akan menciptakan HTTP Request gres atas nama dirinya, sehingga membutuhkan pemakaian Resource memori dan CPU yang lebih besar daripada hanya memakai NAT. Jika pemakaian resource Mikrotik hiperbola maka akan menciptakan Router Mikrotik anda hang dan koneksi internet pun akan jadi lambat.

Keuntungan memakai Web Proxy

Fungsi dari proxy secara umum yaitu sebagai Caching, Filtering, dan Connection Sharing. Semua fungsi ini sanggup anda temui pada Web Proxy Mikrotik. Berikut ini yaitu Keuntungan / Manfaat Web Proxy pada Mikrotik :

Caching
Web Proxy Mikrotik sanggup melaksanakan caching content yaitu menyimpan beberapa konten web yang disimpan di memori Mikrotik. Konten tersebut akan dipakai kembali apabila ada usul pada konten itu lagi. Misalnya anda membuka Facebook.com, maka file-file pada web tersebut menyerupai image, script, dll akan disimpan oleh web proxy, sehingga jikalau lain kali anda membuka Facebook maka tidak perlu konek ke Internet pun halaman itu sanggup dibuka dengan mengambil file dari cache proxy. Hal ini sanggup menghemat bandwidth Internet dan mempercepat koneksi.

Filtering
Dengan memakai Web Proxy anda sanggup membatasi kanal konten-konten tertentu yang di-request oleh client. Anda sanggup membatasi kanal ke situs tertentu, ekstensi file tertentu, melaksanakan redirect (pengalihan) ke situs lain, maupun pembatasan terhadap metode kanal HTTP. Hal tersebut tidak sanggup anda lakukan jikalau hanya memakai NAT.

Connection Sharing
Web Proxy meningkatkan level keamanan dari jaringan anda, alasannya computer user tidak bekerjasama pribadi dengan web server yang ada di Internet.

Demikianlah Penjelasan Web Proxy Mikrotik secara umum. Untuk mikrotikindo.blogspot.com/search/label/Proxy" target="_blank">Setingan Web proxy Mikrotik akan dibahas pada artikel selanjutnya di blog mikrotikindo.blogspot.com/" target="_blank">Tutorial Mikrotik ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel