Penjelasan Penggunaan Wireless Tools Mikrotik

Penjelasan Penggunaan Wireless Tools Mikrotik - Router Mikrotik mempunyai fungsi dan fitur Wireless yang sanggup kita manfaatkan untuk komunikasi antar perangkat dengan Mikrotik memakai media komunikasi nirkabel. Namun tidak semua Mikrotik sanggup memakai fitur Wireless ini, sebab tidak semua tipe mikrotikindo.blogspot.com/" target="_blank">Mikrotik ada Wireless Card nya. 

Sebut saja Mikrotik RB 750 yang hanya punya 5 interface ethernet dan tanpa interface wireless sebab tidak ada wireless card nya. Khusus untuk Mikrotik Outdoor, sebagian besar sanggup memakai fitur Wireless sebab tersedia slot Mini PCI untuk wireless card.

Oke, kali ini kita akan mikrotikindo.blogspot.com/search/label/Wireless%20Mikrotik" target="_blank">belajar Mikrotik wireless yaitu penggunaan wireless tools standard Mikrotik. Wireless tools ini sangat penting dalam mikrotikindo.blogspot.com/search/label/Wireless%20Mikrotik" target="_blank">membangun jaringan wireless dengan mikrotik, untuk memantau dan memonitor kondisi jaringan wireless disekeliling kita.

Untuk memakai wireless tools ini anda sanggup memakai winbox dan masuk ke sajian Wireless.


Atau sanggup juga dengan masuk ke interface wlan nya dengan dobel klik wlan.



Ada beberapa Wireless tools pada mikrotik dengan fungsi berbeda, yakni : Scanner, Frequency Usage Snooper, Align, dan Sniffer. Berikut klarifikasi masing-masing wireless tool :

Scanner Tool Mikrotik
Sesuai dengan namanya, scanner berfungsi untuk melaksanakan scan dengan mengatakan Access point mana saja yang aktif di sekitar perangkat. Scanner akan menampilkan gosip dari AP disekeliling Mikrotik secara detail mulai dari Mac Address, SSID, Band, Frequensi, Sinyal, SNR, Radio Name, hingga versi RouterOS nya (jika perangkat itu Mikrotik). Berikut ini pola penggunaan Scanner.


Frequency Usage Tool Mikrotik
Tool ini berfungsi untuk melaksanakan scanning penggunaan frekuensi disekitar perangkat mikrotik anda. Frequency Usage akan menampilkan beban penggunaan masing-masing frekuensi apakah banyak dipakai apa sepi pengguna. Sehingga kita sanggup memilih frekuensi mana yang tidak terlalu ramai penggunanya untuk mengurangi interferensi.


Snooper Tool Mikrotik

Dengan memakai Snooper tool maka sanggup diketahui load dan besar traffic tiap frequensi dengan gosip yang lebih mendetail. Snooper sanggup menampilkan info Access Point, jumlah Station dan Client nya, sinyal, serta masing-masing bandwidth nya.


Penjelasan Penggunaan Wireless Tools Mikrotik Penjelasan Penggunaan Wireless Tools Mikrotikmikrotik.com/images/8/83/Snoop2.png" width="640" />

Sniffer Tool Mikrotik

Packet Sniffer yakni tool yang disediakan dalam Mikrotik untuk menangkap dan menyadap paket-paket yang berjalan di jaringan. Tool ini sangat mempunyai kegunaan untuk menganalisa trafik jaringan kita.


Oke sekian dulu pembahasan wacana Penjelasan Penggunaan Wireless Tools Mikrotik. Semoga bermanfaat :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel