Cara Mengakses Jaringan Intranet Dari Router Yang Tidak Mempunyai Ip Publik Statik

Tak sanggup dipungkiri penggunaan Teknologi Informasi di segala bidang semakin pesat. Akses info dari segala lini juga makin hari makin berkembang. Kebutuhan untuk kanal ke jaringan privat (lokal/intranet) melalui jaringan publik (internet) menjadi cukup krusial dan mulai banyak dibutuhkan.

Terutama dikala kita sedang berada di luar jangkauan keyboard atau bahasa keren nya Away from Keyboard (AFK), misal sedang berada di perjalanan ke luar kota tiba-tiba diminta bos file penting yang ada di komputer kantor. Nah, dalam kondisi menyerupai ini dibutuhkan kanal dari internet ke jaringan intranet.

Solusi dari permasalahan itu yakni memakai mikrotik
Virtual Private Network (VPN). Namun untuk sanggup menciptakan VPN Server dibutuhkan IP Publik yang dipasang pada router. Sementara banyak ISP di Indonesia yang hanya menunjukkan IP Publik di perangkat (modem) mereka, bukan di router kita. Hal ini tentunya akan menyusahkan kita untuk menciptakan VPN Server.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kita sanggup menciptakan sendiri VPN Server nya di luar router. Caranya dengan memanfaatkan cloud server dan diinstall mikrotik
Mikrotik Cloud Hosted Router (CHR) yang kemudian sanggup kita setting sebagai VPN Concentrator Server. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar topologi berikut :


Sebenarnya bahan ini akan dibawakan pada Mikrotik User Meeting Indonesia tahun 2017 ini di Royal Ambarrukmo, Yogyakarta. Namun alasannya yakni telat daftar dan akibatnya kuota presenter penuh jadi bahan ini gak sanggup aku share disana. Oleh alasannya yakni itu, aku share saja di blog ini agar sanggup bermanfaat.

Oke, bahan ini sudah aku susun dan aku buatkan Video Tutorial Mikrotik nya. Ada 3 part video yang akan aku share, yaitu :

Part 1 : Penjelasan Konsep dan Topologi Jaringan yang digunakan



Part 2 : Instalasi Mikrotik CHR pada VPS dan Setting CHR sebagai VPN Concentrator Server



Part 3 : Konfigurasi Koneksi Secure Tunneling ke perangkat Client



Demikan bahan yang sanggup aku sampaikan. Semoga sanggup bermanfaat bagi teman-teman semua :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel