[Update!] Download Winbox Mikrotik Versi Terbaru 2018

Download Winbox Mikrotik Versi Terbaru 2018 dan cara memakai Winbox Mikrotik akan kita bahas pada Artikel kali ini. Pertama-tama, mari kita mengenal Winbox Mikrotik lebih dahulu.

Apa itu Winbox?

Berikut ini pengertian winbox. Winbox yaitu sebuah aplikasi utility buatan Mikrotik yang dipakai untuk melaksanakan remote ke perangkat mikrotik dalam mode GUI (Graphical User Interface). Sehingga dengan mode GUI ini kita akan lebih gampang untuk melaksanakan Setting Mikrotik, terlebih bagi pemula. Kita tidak perlu repot-repot mengetikkan perintah-perintah command line Mikrotik, yang belum tentu hapal. Makara ini yaitu cara gampang setting mikrotik memakai winbox mikrotik.

 Download Winbox Mikrotik Versi Terbaru  [Update!] Download Winbox Mikrotik Versi Terbaru 2018
Winbox Mikrotik Versi 3.16


winbox1.jpg" style="margin-left: auto; margin-right: auto;"> Download Winbox Mikrotik Versi Terbaru  [Update!] Download Winbox Mikrotik Versi Terbaru 2018winbox1.jpg" title="[Update!] Download Winbox Mikrotik Versi Terbaru 2018" width="365" />
Winbox Mikrotik Versi 2.2.18

Jika Sistem RouterOS Mikrotik diinstall pada PC (komputer), maka untuk melaksanakan konfigurasi mikrotik awal memakai command line pada PC itu sendiri. Sedangkan kalau ingin setting mikrotik PC lebih gampang memakai winbox dari PC/laptop lainnya yang terkoneksi ke PC mikrotik tersebut.

Winbox Mikrotik merupakan aplikasi berbasis Windows. Makara Kita sanggup menjalankannya di semua PC/Laptop dengan sistem Operasi Microsoft Windows. Namun Winbox ini juga sanggup dijalankan pada Sistem operasi Linux dan Mac OS dengan memakai aplikasi embel-embel Wine. Silakan Baca : winbox-mikrotik-Linux-Mint-ubuntu" target="_blank">Cara Menggunakan Winbox pada Linux Mint dan Ubuntu

Melakukan setting mikrotik memakai winbox ini lebih banyak dipakai alasannya yaitu selain penggunaannya yang gampang kita juga tidak harus menghapal perintah-perintah Mikrotik. Semua perintah itu sudah tersedia dalam bentuk Graphical Menu pada Winbox. Makara tinggal pilih dan klik saja sajian apa yang diinginkan.

 Download Winbox Mikrotik Versi Terbaru  [Update!] Download Winbox Mikrotik Versi Terbaru 2018
Tampilan Graphical Menu pada Winbox Mikrotik

Download Winbox Mikrotik

Untuk melaksanakan download Winbox Mikrotik secara Gratis, silakan masuk ke website mikrotik.com/download dan cari link download Winbox terbaru di bab bawah.

 Download Winbox Mikrotik Versi Terbaru  [Update!] Download Winbox Mikrotik Versi Terbaru 2018
Cara Download Mikrotik dari website Mikrotik.com

Atau anda sanggup Download Winbox Mikrotik Versi 3.16 terbaru 2018 disini :
mikrotik.com/routeros/winbox/3.11/winbox.exe" rel="nofollow" target="_blank">Link Download Winbox Mikrotik Terbaru

Setelah file winbox.exe final di download, silakan buka aplikasi nya dengan cara klik 2x pada winbox.exe. Untuk cara memakai Winbox Mikrotik nya akan kita bahas pada bab Fungsi Winbox berikut ini :

Fungsi Winbox

Fungsi utama winbox yaitu sebagai aplikasi bantu untuk menyeting/mengkonfigurasi perangkat mikrotik dengan gampang dan cepat. Pada Aplikasi Winbox Mikrotik itu sendiri sudah dibekali beberapa fitur yang sanggup kita manfaatkan untuk mempermudah setting Mikrotik :

1. Fitur Neighbor Discovery
Neighbor Discovery yaitu salah satu fitur pada Winbox Mikrotik yang berfungsi untuk menemukan perangkat Mikrotik apa saja yang terhubung dengan PC/laptop Anda di Jaringan. Dengan fitur ini Winbox akan secara otomatis menampilkan data perangkat Mikrotik yang ditemukannya di jaringan. Data yang ditampilkan berupa IP Address, MAC Address, Nama Perangkat, Versi RouterOS dan Jenis Board nya.

Ini akan mempermudah kita untuk melaksanakan remote mikrotik, terutama kalau kita tidak tau IP Address mikrotik yang mau kita remote. Disini kita sanggup menentukan akan me-remote Mikrotik memakai IP Address atau MAC Address. Jika kita belum melaksanakan konfigurasi IP Address baik pada mikrotik ataupun PC/Laptop (biasanya terjadi dikala gres beli perangkat Mikrotik dengan konfigurasi default) maka disaranakan untuk remote via MAC Address.

Berikut ini yaitu cara penggunaan Fitur Neighbor Discovery Winbox Mikrotik untuk melaksanakan remote pada perangkat Mikrotik memakai MAC Address, ibarat yang ditunjukkan pada gambar berikut ini :

Penggunaan Fitur Neighbor Discovery untuk remote Winbox Mikrotik
 
Berikut ini yaitu tampilan Menu pada Winbox Mikrotik dikala kita sudah berhasil login.


Sekarang Kita sanggup remote mikrotik nya untuk melaksanakan setting mikrotik.

2. Fitur Safe Mode
Fitur Safe Mode Winbox Mikrotik berfungsi untuk melindungi perangkat mikrotik kita dari kesalahan konfigurasi, dengan cara mengembalikan konfigurasi ibarat semula dikala aplikasi winbox di close/exit. Cara kerjanya yaitu dengan menekan tombol Safe Mode pada pojok kiri atas. Ketika tombol Safe Mode ini sudah aktif, maka konfigurasi yang dilakukan tidak akan tersimpan sebelum tombol Safe Mode ini di non-aktifkan.

Cara Menggunakan Safe Mode Winbox Mikrotik

Dengan fitur ini, kita sanggup coba-coba konfig mikrotik nya. Jika dirasa konfigurasi nya sudah benar-benar sesuai, kita sanggup simpan dengan me-nonaktifkan Safe Mode. Tapi kalau konfigurasi nya malah jadi kacau dan kita ingin kembalikan ke semula, tinggal close/exit saja aplikasi Winbox nya. Konfigurasi yang kacau tadi tidak akan tersimpan.

3. Fitur Add/Set Managed
Add/Set Managed merupakan fitur winbox mikrotik yang berfungsi untuk menyimpan daftar perangkat-perangkat Mikrotik berupa data IP Address, Username dan Password. Sehingga kalau kita punya banyak perangkat mikrotik yang perlu di kelola, kita tidak perlu repot-repot memasukkan data tiap kali mau login. Data tersebut akan disimpan di tab managed dan sanggup diproteksi dengan password.

Untuk sanggup memakai fitur Add/Set Managed ini, masuk ke mode Advanced dulu. Klik Menu Tools --> Klik Advanced Mode.

Mengaktifkan Advanced Mode Winbox Mikrotik

Masukkan data perangkat Mikrotik nya :

Connect To : isikan IP Address mikrotik (bisa memakai fitur neighbor discovery)
Login : isikan username mikrotik
Password : isikan password mikrotik

Note : isikan catatan/note mikrotik tersebut (opsional)
Group : pengelompokkan menurut group

Klik Menu Add/Set untuk menyimpan.

Hasil nya sanggup dilihat pada tab Managed. Dengan data ini, kita sanggup pribadi login ke prangkat mikrotik tersebut tanpa harus memasukkan detail login berupa IP Address, username dan password lagi. Makara cukup dengan klik router yang diinginkan kemudian klik Connect saja.

Nah, Agar data login tersebut tidak diakses oleh orang yang tidak berkepentingan, kita sanggup perlindungan dengan password. Klik sajian Set Master Password.


Masukkan password yang diinginkan --> klik OK


Tutup dan buka kembali Winbox nya, maka data pada managed tidak akan muncul sebelum kita memasukkan password nya.



4. Fitur Export & Import Data
Fitur ini sanggup dipakai untuk meng-export dan import data pada daftar perangkat yang ada di tab managed. Tujuannya semoga daftar data managed router yang sudah kita buat sebelumnya sanggup disimpan di direktori/folder tertentu supaya sanggup dipindahkan ke PC/laptop lain kalau diperlukan. Makara kalau kita mau bikin daftar managed router serupa pada PC/laptop lain, tidak perlu memasukkan ulang data nya. Kita tinggal export dan import data nya saja.

Untuk sanggup melaksanakan Export & Import Data, pastikan Master Password sudah dibuka. Jika tidak, maka submenu Export dan Import pada sajian Tools tidak akan aktif. 


Setelah Master Password sudah dibuka, barulah submenu Import dan Export pada Winbox Aktif dan sanggup digunakan. Klik Export untuk mencoba menyimpan file konfigurasi ke direktori/folder tertentu.


Export Data
 

 Import Data



4. Fitur RoMON
RoMON (Router Management Overlay Network) yaitu sebuah protocol proprietary Mikrotik (protocol yang hanya didukung pada perangkat Mikrotik), dimana sanggup menciptakan koneksi layer2 yang kondusif (secure) ke perangkat MikroTik baik melalui koneksi “Physical” (ethernet) maupun Layer2 Tunnel. Untuk lebih jelasnya, silakan baca : 
winbox-mikrotik-Linux-Mint-ubuntu" target="_blank">Apa itu RoMON? Pengertian RoMON Mikrotik 

Tutorial Cara Menggunakan Winbox Mikrotik dalam bentuk Video sanggup Anda lihat disini :

winbox-mikrotik-Linux-Mint-ubuntu" title="[Update!] Download Winbox Mikrotik Versi Terbaru 2018">[VIDEO] Tutorial Cara Menggunakan Winbox Mikrotik


Makara begitulah beberapa klarifikasi Fungsi Winbox Mikrotik dan Link Download Winbox Mikrotik Terbaru 2018. Untuk Tutorial cara setting Mikrotik nya sanggup Anda cari dan baca-baca sendiri di blog mikrotikindo.blogspot.co.id/" target="_blank">Tutorial Mikrotik Indonesia ini. Good luck dan semoga bermanfaat :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel