Cara Menciptakan Notifikasi Sms The Dude (Aplikasi Monitoring Jaringan)

Cara memonitor perangkat jaringan (Router, Switch, Server, dll), jikalau ada perubahan status perangkat misal dari up ke down dan sebaliknya maka akan ada notifikasi SMS yang masuk ke HP Anda. Hal ini dapat kita lakukan dengan pertolongan Aplikasi monitoring jaringan Gratis buatan Mikrotik, adalah The Dude.

Apa itu The Dude? Bagaimana Cara Install The Dude? Silakan baca artikel sebelumnya wacana The Dude Mikrotik :
mikrotik-menggunakan-thedude" target="_blank">Cara Memantau dan Memonitor Jaringan Mikrotik Menggunakan The Dude

Dari sini saya anggap Anda sudah dapat menginstall The Dude dan sudah menciptakan Network Map sesuai topologi jaringan Anda. Mulai dari sini kita akan pribadi masuk ke Tutorial Cara Membuat Notifikasi SMS pada Aplikasi The Dude.

Apa saja yang perlu kita siapkan?

1. Aplikasi The Dude yang sudah terinstall dan siap dipakai (Bisa pakai versi usang atau baru)
2. Modem USB, untuk mengirim SMS
3. Aplikasi Plink SSH, untuk mengirim command dari The Dude ke Mikrotik via SSH

Langkah pertama 

Menginstall Modem USB di Mikrotik untuk mengirim SMS. Caranya sudah pernah saya bahas disini :
mikrotik-menggunakan-thedude" target="_blank">Cara Setting & Kirim SMS di Mikrotik

Langkah kedua

Membuat user dummy di Mikrotik yang akan dipakai untuk mengirim command SMS ke Mikrotik.
Silakan buat user gres dengan role/Group write.


Langkah ketiga

Copy plink.exe ke direktori c:\plink


Langkah keempat

Membuat notifikasi gres di The Dude. Buka The Dude --> Masuk ke sajian Notifications --> Buat Notifikasi kafe --> beri nama notifikasi nya misal "SMS Notification" --> centang Enabled --> Pilih type : execute locally

Pada kolom Command isikan script dengan format sebagai berikut :

C:\plink\plink.exe -ssh -l mikrotik_sms_username -pw mikrotik_sms_password mikrotik_sms_ipaddress "/tool sms send phone-number=nomorhpanda usbportnumber message=\"[Probe.Name] on [Device.Name] is now [Service.Status]\""



Langkah kelima

Terapkan (apply) notifikasi yang sudah dibentuk ke Network Map yang ingin kita pantau perangkat nya. Masuk ke Network Map yang diinginkan --> klik sajian Settings --> Masuk ke tab Polling --> centang Use Notifications --> centang SMS Notification.


Langkah keenam

Tes konfgurasi nya dengan mencoba meng-offline-kan (meng-down-kan) perangkat yang dimonitor. Jika Konfigurasi sudah benar, maka akan ada notifikasi SMS yang masuk ke HP Anda.

Langkah ketujuh

Dari teladan hasil notifikasi di atas ada 2 perangkat yang down, tapi notifikasi SMS yang masuk ada 10 SMS. Jika notifikasi yang masuk dirasa terlalu banyak, kita dapat kurangi hanya 1 SMS saya per perangkat, adalah dengan hanya mengaktifkan service ping pada tiap perangkat yang dimonitor.
Caranya dengan dobel klik ke masing-masing perangkat --> Masuk ke tab Services --> Hapus semua service nya kecuali ping, atau sesuai impian Anda.


Selesai sudah Tutorial Cara Membuat Notifikasi SMS pada Aplikasi The Dude. Jika perangkat yang Anda Monitor sangat banyak, Anda dapat coba kolaborasikan dengan Notifikasi Email The Dude, caranya sudah pernah saya bahas disini :
mikrotik-menggunakan-thedude" target="_blank">Cara Membuat Notifikasi Email The Dude Mikrotik

Jika Tutorial Mikrotik ini dirasa kurang jelas, silakan Anda tonton video presentasi saya pada ketika mikrotik-menggunakan-thedude" target="_blank">Mikrotik User Meeting (MUM) Indonesia 2016 di Jakarta berikut ini :

 jikalau ada perubahan status perangkat misal dari up ke down dan sebaliknya maka akan ada no Cara Membuat Notifikasi SMS The Dude (Aplikasi Monitoring Jaringan)


Anda juga dapat download file Presentasi MUM ID 2016 saya disini :
mikrotik.com/presentations/ID16/presentation_3693_1476686085.pdf" rel="nofollow" target="_blank">Download File Presentasi Mikrotik User Meeting Indonesia 2016

Oke, selamat mencoba dan biar bermanfaat :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel