Cara Gampang Memindahkan Konfigurasi Mikrotik Ke Perangkat Mikrotik Lain

Memindahkan konfigurasi Mikrotik ke perangkat Mikrotik lain yang beda tipe nya sebab ingin meng-upgrade RouterBoard Mikrotik ke spesifikasi yang lebih tinggi. Mungkin Anda pernah mengalami hal tersebut, ketika Router Mikrotik Anda sudah mulai kewalahan untuk meladeni traffic yang semakin besar dan jumlah user yang semakin berkembang.

Meng-upgrade mikrotikindo.blogspot.co.id/search/label/RouterBoard" target="_blank">RouterBoard Mikrotik dengan perangkat yang spesifikasinya lebih tinggi merupakan langkah jitu untuk mengkatkan performa jaringan. Misalnya Anda memakai Mikrotik RB450G yang dipakai sebagai Hotspot Server, sudah mulai kewalahan dan sering hang sebab resource tinggi. Sehingga Anda mau mengganti RB450G menjadi RB1100AHx2 yang mempunyai spesifikasi lebih tinggi.

Permasalahan muncul ketika Anda hendak memindahkan konfigurasi pada RB450G ke RB1100AHx2. Karena Anda tidak dapat serta merta melaksanakan System Backup pada RB450G dan Restore backup tersebut ke RB1100AHx2, sebab secara tipe perangkat sudah berbeda, jumlah dan penamaan port juga sudah beda. Tapi jikalau anda nekat melaksanakan restore konfigursi dari file backup tersebut, alhasil RB1100AHx2 tidak akan bekerja dengan baik, bahkan dapat jadi RB nya tidak dapat dipakai sama sekali.

Sebagai contoh, saya coba restore file backup dari Mikrotik RB1100 ke Mikrotik Cloud Core Router (CCR) 1016. Hasilnya, konfigurasi berhasil di restore, namun sehabis reboot pada Penampil LCD Mikrotik CCR-1016 mentok di Starting Services. Walaupun masih dapat saya winbox-mikrotik" target="_blank">remote via Mac-Address di Winbox, tapi setingan hasil restore nya jadi kacau dan tidak sama persis ibarat yang ada di RB1100. 

 Memindahkan konfigurasi Mikrotik ke perangkat Mikrotik lain yang beda tipe nya sebab ing Cara Praktis Memindahkan Konfigurasi Mikrotik ke Perangkat Mikrotik Lain
Restore konfigurasi dari RB1100 ke CCR-1016 mentok di status Starting Services
 
Kaprikornus intinya, kita tidak dapat melaksanakan restore konfigurasi antar Mikrotik yang berbeda tipe secara pribadi dari file backup.
Untuk klarifikasi Cara Backup dan Restore Konfigurasi Mikrotik dapat Anda baca disini :
winbox-mikrotik" target="_blank">Cara Backup dan Restore Konfigurasi Router Mikrotik

Bagaimana Cara Memindahkan Konfigurasi Mikrotik ke Perangkat Mikrotik Lain yang beda tipe?

Caranya Adalah dengan memakai fitur Export/Import pada Mikrotik.

Bagaimana Cara melaksanakan Export/Import konfigurasi Mikrotik?
Sudah pernah saya bahas caranya disini :
winbox-mikrotik" target="_blank">Cara Export & Import Konfigurasi/Setingan Mikrotik.

Jadi, cara untuk melaksanakan pemindahan konfigurasi dari satu Mikrotik ke Mikrotik lain yang beda tipe dapat dilakukan memakai fitur Export pada Mikrotik.

Yang perlu diperhatikan ketika export konfigurasi ini adalah, pastikan versi RouterOS antar Mikrotik sama. Misal RB1100 saya pakai ROS versi 6.37, pada CCR-1016 nya juga gunakan ROS versi 6.37. Hal ini diharapkan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya error pada proses export/import konfigurasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel