Apa Itu Romon? Pengertian Romon Mikrotik

mikrotikindo.blogspot.com/search/label/RoMON" target="_blank">RoMON yakni kepanjangan dari Router Management Overlay Network yang merupakan fitur gres Mikrotik pada RouterOS mulai versi 6.28. Fitur RoMON ini mungkin masih absurd bagi Anda, alasannya yakni memang gres tersedia di mikrotikindo.blogspot.com/search/label/RouterOS" target="_blank">RouterOS dan WinBox versi baru. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut apa itu RoMON Mikrotik, mari kita bahas pada artikel ini.

Pengertian RoMON

Apa itu RoMON? RoMON (Router Management Overlay Network) adalah sebuah protocol proprietary Mikrotik (protocol yang hanya didukung pada perangkat Mikrotik), dimana sanggup menciptakan koneksi layer2 yang kondusif (secure) ke perangkat MikroTik baik melalui koneksi “Physical” (ethernet) maupun Layer2 Tunnel. Selain itu, RoMON juga memiliki fitur sebagai berikut :
  • Discovery dan management perangkat-perangkat MikroTik melalui Ping, SSH, Winbox (versi 3.0.rc.9 ke atas).
  • Mampu melaksanakan discovery (pencarian) perangkat MikroTik yang mengaktifkan RoMON yang telah melewati multiple hops. 
Kaprikornus dengan RoMON ini kita sanggup mendeteksi perangkat Mikrotik pada WinBox walaupun perangkat Mikrotik tersebut berada di segment network berbeda dan melewati beberapa router lain (multiple hops). Hal ini berbeda dengan fitur winbox-mikrotik" target="_blank">WinBox Mikrotik biasa, dimana hanya sanggup mendeteksi perangkat Mikrotik yang berada satu jaringan saja.

Cara Mengaktifkan RoMON

Komunikasi RoMON didasarkan pada parameter RoMON ID yang diambil dari MAC Address router. Perangkat-perangkat yang mengaktifkan RoMON akan menciptakan sebuah discovery dari MAC Address Peer dan juga data forwarding protocol secara independent.

Kali ini kita akan mencoba implementasi sederhana dari fitur ini dengan melaksanakan remote router (RoMON Enabled) yang berbeda network memakai winbox. Khusus untuk fitur ini menyerupai yang telah kita singgung diatas, kita akan memakai Winbox versi 3.0.rc.9 yang telah mendukung fitur RoMON.
Fitur RoMON terdapat pada sajian Tools → RoMON. Untuk mengaktifkannya kita tinggal mencentang opsi 'Enabled'. Kemudian kita tentukan parameter 'Secrets' pada RoMON Settings. Parameter ini berfungsi sebagai autentikasi untuk koneksi perangkat MikroTik yang terhubung. Sebagai rujukan kali ini kita isi 'Secrets' dengan 12345. Sesuai topologi dari rujukan kasus diatas, konfigurasi ini juga dilakukan pada ketiga router.

 yakni kepanjangan dari Router Management Overlay Network yang merupakan fitur gres Mikro Apa itu RoMON? Pengertian RoMON Mikrotikmikrotik.co.id/images/artikel/RoMON/romonsetting.png" height="196" style="margin: 0px;" title="Apa itu RoMON? Pengertian RoMON Mikrotik" width="273" /> 
Apabila kita lihat pada RoMON Settings terdapat parameter ID. ID ini merupakan MAC Address dari router yang dipakai untuk komunikasi perangkat. Kita sanggup menetukan parameter tersebut dengan MAC Address manapun yang terdapat pada interface router, namun kalau kita tidak isi secara default akan memakai MAC Address router yang pertama.

Selanjutnya sesudah ketiga router telah tersetting menyerupai konfigurasi diatas, kita akan mencoba melaksanakan remote perangkat yang berbeda network dengan memakai Winbox.

 yakni kepanjangan dari Router Management Overlay Network yang merupakan fitur gres Mikro Apa itu RoMON? Pengertian RoMON Mikrotikmikrotik.co.id/images/artikel/RoMON/rommonsetting2.png" height="291" style="margin: 0px;" title="Apa itu RoMON? Pengertian RoMON Mikrotik" width="350" />

Seperti topologi diatas client yang akan melaksanakan remote berada pada network 192.168.1.0/24. Kita sanggup menambahkan pada parameter 'Connect To' di winbox dengan gateway dari client tersebut. Nah, untuk memakai fitur RoMON, kita pilih pada tombol command di winbox yaitu Connect TO RoMON. Setelah berhasil terkoneksi maka pada winbox muncul tampilan menyerupai berikut.

 yakni kepanjangan dari Router Management Overlay Network yang merupakan fitur gres Mikro Apa itu RoMON? Pengertian RoMON Mikrotikmikrotik.co.id/images/artikel/RoMON/romonsetting3.png" height="282" style="margin: 0px;" title="Apa itu RoMON? Pengertian RoMON Mikrotik" width="351" />

Terlihat pada winbox terdapat RoMON Agent dan juga di tab RoMON Neighbors terdapat perangkat-perangkat MikroTik yang terkoneksi dengan RoMON. Apabila tanpa memakai RoMON saat kita ingin melaksanakan remote perangkat yang berbeda network bahkan yang melewati beberapa hops maka tidak akan muncul di tab neighbors di winbox.
Untuk melaksanakan remote kita tinggal pilih salah satu perangkat pada list tersebut yang ingin kita manage dan klik pada tombol 'Connect'.

Ports

Secara default seluruh interface pada router aktif untuk RoMON. Namun disini kita sanggup mengaktifkan interface mana saja yang diaktifkan fitur RoMON. Selain itu kita sanggup memilih secara manual nilai 'Cost' dan juga parameter 'Secret' pada interface tersebut.

 yakni kepanjangan dari Router Management Overlay Network yang merupakan fitur gres Mikro Apa itu RoMON? Pengertian RoMON Mikrotikmikrotik.co.id/images/artikel/RoMON/ports.png" height="277" style="margin: 0px;" title="Apa itu RoMON? Pengertian RoMON Mikrotik" width="350" />

Discovery

Dengan command 'Discovery' yang terdapat pada RoMON Settings, kita sanggup meliaht perangkat mana saja yang terkoneksi dan aktif memakai RoMON. Terdapat beberapa warta dari perangkat menyerupai RoMON ID (Address), nilai Cost, Jumlah Hops, Identity.

 yakni kepanjangan dari Router Management Overlay Network yang merupakan fitur gres Mikro Apa itu RoMON? Pengertian RoMON Mikrotikmikrotik.co.id/images/artikel/RoMON/discover.png" height="261" style="margin: 0px;" title="Apa itu RoMON? Pengertian RoMON Mikrotik" width="350" />

Ping

Kita sanggup melaksanakan monitoring terhadap perangkat MikroTik apakah aktif dan terkoneksi dengan baik.  Untuk melaksanakan pengecekan tersebut sanggup memakai Ping RoMON.

 yakni kepanjangan dari Router Management Overlay Network yang merupakan fitur gres Mikro Apa itu RoMON? Pengertian RoMON Mikrotikmikrotik.co.id/images/artikel/RoMON/ping.png" height="431" style="margin: 0px;" title="Apa itu RoMON? Pengertian RoMON Mikrotik" width="350" />

Sumber :
mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=143" rel="nofollow" target="_blank">http://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=143

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel